˜”*°• Integrasi Antar Aplikasi Office •°*”˜

ʜɪ ᴘᴇᴇᴘꜱ! ʜᴀʀɪ ɪɴɪ ᴀᴋᴜ ᴍᴀᴜ ɴɢᴀꜱɪʜ ᴛᴀᴜ ᴋᴀʟɪᴀɴ ᴛᴇɴᴛᴀɴɢ ɪɴᴛᴇɢʀᴀꜱɪ ᴀɴᴛᴀʀ ᴀᴘʟɪᴋᴀꜱɪ ᴏꜰꜰɪᴄᴇʕ•́ᴥ•̀ʔっ

Jadi, apa sih integrasi antar aplikasi office itu? pasti kalian bertanya-tanya kan. Nah, kali ini aku mau ngasih tau kalian nih tentang integrasi antar aplikasi office.

Sebelum itu, aku mau ngasih tau dulu tujuan utama dan tujuan pembelajaran kita kali ini. Oiya pelajaran ini termasuk kedalam pelajaran informatika ya teman-teman! Yuk kita pelajari lebih lanjut!


(っ◔◡◔)っ ♥ Happy Reading ♥


𝐓𝐮𝐣𝐮𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐦𝐛𝐞𝐥𝐚𝐣𝐚𝐫𝐚𝐧 :
Mengenal lebih dalam integrasi antar aplikasi office {pengelola kata, pengelola angka, dan presentasi}
 Membuat table of content, embed, dan mail merge
 Membuat grafik dengan menggunakan Ms. Word dan Ms. Excel
 Memakai fitur aplikasi office untuk membuat hyperlink di Ms. powerpoint ke Ms. word


𝐀𝐩𝐚 𝐢𝐭𝐮 𝐢𝐧𝐭𝐞𝐠𝐫𝐚𝐬𝐢?


𝐓𝐮𝐣𝐮𝐚𝐧 𝐔𝐭𝐚𝐦𝐚
Tujuan utama dari sistem informasi, yaitu memberikan informasi yang benar pada saat yang tepat. Suatu data atau sistem yang ter integrasi tentunya diperlukan dalam suatu organisasi atau perusahaan, karena informasi yang dihasilkan akan digunakan untuk keperluan yang lebih luas lagi dan tentunya untuk membantu organisasi atau perusahaan.

Aliran informasi diantara sistem sangat bermanfaat apabila data dalam file suatu sistem diperlukan juga oleh  sistem yang lainnya, atau output suatu sistem menjadi input bagi sistem lainnya.


𝐃𝐞𝐟𝐢𝐧𝐢𝐬𝐢 𝐢𝐧𝐭𝐞𝐠𝐫𝐚𝐬𝐢
Definisi integrasi adalah saling keterkaitan antar subsistem sehingga data dari satu sistem secara rutin dapat melintas, menuju atau diambil oleh salah satu atau lebih dari sistem lainnya.



𝐉𝐞𝐧𝐢𝐬 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐦𝐚𝐜𝐚𝐦-𝐦𝐚𝐜𝐚𝐦 𝐢𝐧𝐭𝐞𝐠𝐫𝐚𝐬𝐢 : 

★ Integrasi Data : Proses yang menggabungkan atau menyatukan data yang berasal dari sumber yang berbeda, serta dilakukan untuk mendukung manajemen informasi dan mendukung pengolahan data menjadi informasi yang lebih baik atau sempurna.

★ Integrasi Sistem : Rangkaian proses untuk menghubungkan beberapa sistem komputerisasi dan juga software aplikasi, baik secara fisik maupun fungsional.



𝐌𝐚𝐧𝐟𝐚𝐚𝐭 𝐈𝐧𝐭𝐞𝐠𝐫𝐚𝐬𝐢 : 

Manfaat dari integrasi dibagi menjadi 3, yaitu sebagai berikut :

➱ Sebagai sumber utama yang memungkinkan seluruh data berada di satu sistem yang selalu diperbarui tanpa peduli subtitusi atau sistem mana yang akan melakukan pembaharuan.

➱ Database tertata rapi dapat memudahkan kita untuk menemukan data atau informasi yang lebih cepat.

➱ User interface yang konsisten dengan menggunakan single platform yang mengintegrasikan seluruh sistem. Maka, kita dapat memastikan komputer yang terhubung dengan sistem integrasi yang memiliki sistem interface yang sama.



𝐂𝐚𝐫𝐚 𝐌𝐞𝐧𝐠𝐢𝐧𝐭𝐞𝐠𝐫𝐚𝐬𝐢𝐤𝐚𝐧 𝐀𝐩𝐥𝐢𝐤𝐚𝐬𝐢 :

Ada 4 cara untuk mengintegrasikan aplikasi, yaitu sebagai berikut :

✿  Pemanggilan Prosedur/Function : Aplikasi yang akan melayani harus menyediakan mekanisme agar bisa dipanggil aplikasi lain.
Messaging : Aplikasi saling terhubung satu sama lain dengan bertukar pesan
Sharing Database : Pengirim dan penerima menggunakan database kemudian dibaca oleh penerima.
File Transfer : Mekanisme yang format file dan struktur data didalamnya sudah ditentukan. Demikian juga dengan lokasi penyimpanan file dan aturan penamaannya.


MICROSOFT OFFICE
Merupakan software atau perangkat lunak yang sering digunakan. Mulai dari pelajar hingga pekerja professional untuk membantu dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaannya. 


Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang sudah dikenal oleh para pelajar dan pekerja.Semua pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata dapat dilakukan dengan menggunakan Microsoft Word. Contohnya membuat surat, tabel, gambar, dokumen, dan berbagai macam pengolahan data lainnya.


Microsoft Excel merupakan aplikasi yang dapat mengolah data, yakni perhitungan angka maupun grafik. Dengan Microsoft Excel ini, pengguna dapat menggunakan spreadsheet dengan berbagai fitur kalkulasi yang akurat dan mudah dioperasikan.


Microsoft Power Point berfungsi sebagai presentasi dengan menggunakan slide. Dengan aplikasi ini, para pengguna akan dimudahkan dalam melakukan presentasi. 



𝐂𝐨𝐧𝐭𝐨𝐡 𝐈𝐧𝐭𝐞𝐠𝐫𝐚𝐬𝐢 𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐌𝐬. 𝐎𝐟𝐟𝐢𝐜𝐞 :

Membuat table of content pada Ms. Word
Linking and embed pada aplikasi Ms. Office
Membuat surat massal pada Ms. Word dengan menggunakan database yang ada pada Ms. Excel atau Ms. Access
Membuat grafik pada aplikasi Ms. Office


Nah, teman-teman itu dia penjelasan dari aku seputar integrasi antar aplikasi office. Sudah lebih jelas kan? semoga kalian bisa nambah ilmu dan juga semoga bermanfaat buat kalian yaa!!



ᴛʜᴀɴᴋ ʏᴏᴜ ꜰᴏʀ ʀᴇᴀᴅɪɴɢ! (つ≧▽≦)つ


source




















Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

𝘿𝙖𝙢𝙥𝙖𝙠 𝙨𝙤𝙨𝙞𝙖𝙡 𝙙𝙖𝙧𝙞 𝙥𝙚𝙣𝙜𝙜𝙪𝙣𝙖𝙖𝙣 𝙠𝙤𝙢𝙥𝙪𝙩𝙚𝙧 𝙙𝙖𝙣 𝙩𝙚𝙠𝙣𝙤𝙡𝙤𝙜𝙞 𝙞𝙣𝙛𝙤𝙧𝙢𝙖𝙨𝙞 𝙙𝙖𝙣 𝙠𝙤𝙢𝙪𝙣𝙞𝙠𝙖𝙨𝙞(っ◔◡◔)っ

𝓗𝓪𝓴 𝓚𝓮𝓴𝓪𝔂𝓪𝓪𝓷 𝓘𝓷𝓽𝓮𝓵𝓮𝓴𝓽𝓾𝓪𝓵